Mengenal Session PHP

session di php
Session digunakan untuk menyimpan informasi. terkadang, dalam pembuatan aplikasi katakanlah aplikasi kasir kemarin, kita butuh dan harus menggunakan session, agar browser dapat menyimpan informasi dari menu makanan kita/ total makan, menu minuman kita/ total minum, dan mengeluarkannya(menampilkannya)/ memrosesnya pada halaman bayar. kalau masih mutar mutari lihat dulu dah penggunaan session pada halaman Membuat aplikasi kasir sederhana php.

Pada artikel sebelumnya, kita sudah membuat program yang didalamnya include session untuk dapat membantu mengingat informasi lalu mengolahnya dan memunculkannya pada halaman bayar.

Session juga bisa digunakan untuk mencegah seseorang tanpa hak/ belum login untuk mengakses suatu halaman, katakanlah halaman admin. jika tanpa login dan ia langsung mengetik alamat halamanAdmin.php dibrowsernya, maka nantinya akan muncul pemberitahuan yang mengatakan bahwa ia harus login terlebih dahulu. lihat artikel program login ini

Perbedaan Post dan Get

terdapat 2 metode mengirimkan informasi pada session php, yaitu: 
~ Post= Mengirimkan informasi langsung tanpa mencetaknya pada alamat browser. sehingga alamatnya tetap pendek dan bersih. 
~ Get = ketika di proses, maka informasi yang diproses akan muncul pada alamat di browser Anda, metode get tidak diperuntukan untuk membuat halaman login, karena privasi data. namun biasanya metode get digunakan dalam pencarian. seperti halnya google, coba perhatika alamatnya ketika anda melakukan pencarian dengan google.

Menggunakan Session

~ Memulai session
session_start();
~Menyimpan session
$_SESSION['namaSession'] = 'informasi yang disimpan'; 
* contoh : pada program yang kita buat kemarin, kita menggunakannya dengan
$_SESSION['minum'] = $minum;
~Memunculkan session
echo "Hello, ".$_SESSION['nama']."";
atau mengubahnya menjadi variabel
$makan = $_SESSION['makan'];
 ~Menghapus session
session_destroy();
*Note. setelah logout, kita harus menghapus sessionnya, lihat kembali artikel program login

semoga bermanfaat.





Artikel Terkait:

0 comments:

Ada pertanyaan?? Silahkan tanyakan di kotak komentar .. :)